Manfaat Bunga Kamboja Dibalik Keangkerannya


Manfaat Bunga Kamboja
Bunga Kamboja, merupakan salah satu jenis bunga yang sangat identik dengan tempat pemakaman atau kuburan karena memang hampir semua tempat pemakaman ditanami oleh tanaman yang satu ini. Meskipun bunga kamboja berkelopak sangat indah dan warna yang menarik, namun bunga ini selalu dikaitkan dengan keangkeran pemakaman. Tidak banyak yang tahu atau bahkan hanya beberapa gelintir orang yang mengetahui mengenai manfaat bunga kamboja ini khususnya bagi manusia yakni berkenaan dengan kesehatan. Senyawa kimia yang terkandung di dalamnya adalah asam serotinat, asam plumerat, , agoniadin dan plumierid.

Seluruh bagian tanaman kamboja memiliki kandungan zat kimia. Zat yang pahit bahkan beracun terkandung di bagian kulit tanaman ini. Getah dari tanaman ini pun terkandung senyawa asam plumeria dan juga damar. Banyak senyawa justru terkandung di bagian akar dan daun tanaman kamboja. Senyawa-senyawa tersebut adalah alkaloid, fenetilalkohol, saponin, dan polifenol. Untuk hampir semua bagian tanaman ini terdapat kandungan senyawa yakni fulvoplumierin. Senyawa kimia yang satu ini memiliki manfaat untuk mencegah beberapa penyakit seperti hepatitis, TBC, bahkan disentri.

Kebanyakan masyarakat Indonesia belum mampu memanfaatkan secara maksimal tanaman kamboja ini. Namun, manfaat bunga kamboja untuk wilayah Bali yang mayoritas penduduknya beragama Hindu dan selalu menggunakan beberapa macam bunga sebagai sesaji dalam setiap upacara atau sembahyang bahkan mereka juga menggunakan bunga kamboja sebagai aromaterapi.

Uniknya lagi, bunga kamboja memiliki kesamaan dengan bunga papaya atau bunga lainnya yang dapat dikonsumsi.
  1. Getah kamboja dapat dimanfaatkan sebagai antibiotik karena mengandung senyawa alkaloid, flavonoid, tannin, dan triterpenoid. Bahkan tanaman kamboja dipercaya dapat menjadi salah satu alternative untuk pengobatan gigi yang berlubang.
  2. Bunga kamboja dapat dikonsumsi bersamaan dengan teh, manfaatnya dapat memberikan pengaruh yang baik untuk pencernaan.
  3. Manfaat lain dari tanaman kamboja, ialah mengobati bisul. Hal tersebut bias dilakukan dengan menambahkan minyak zaitun dan bunga kamboja yang telah dilayukan dari panas api.
  4. Bagian lain dari tanaman kamboja yang dapat dimanfaatkan adalah bagian akar dan batang. Manfaat dari keduanya adalah dapat menghilangkan pecah-pecah pada tumit dan mengobati pembengkakan pada kaki. Untuk pengobatan tersebut yakni dengan merebus akar dan daun hingga mendidih, dan air tersebut ditambahkan dengan garam. Campuran air dan garam tersebut digunakan sebagai rendaman untuk bagian kaki yang bengkak.
  5. Yang paling menakjubkan dari manfaat bunga kamboja yakni bagian getahnya dapat dijadikan sebagai obat yang mujarab yang mampu mengatasi penyakit gonorrhea atau yang sering orang ketahui sebagai penyakit seksual yang menular dan borok. beberapa orang mempercayai dengan mengoleskan getah kamboja pada bagian borok atau yang terluka dan setelah itu cuci sampi bersih, dan lebih baik menggunakan air hangat.