Cara Membuat Saus Steak Lezat


Cara Membuat Saus Steak
Steak merupakan kuliner Eropa dan telah akrab di lidah rakyat Indonesia dan telah membaur dengan cita rasa lokal. Steak A La Indonesia dikenal juga dengan bama bistik. Tampilannya internasional tetapi rasanya tradisional. Steak sendiri pada dasarnya berbahan utama daging berbumbu yang dipanggang dengan teknik tertentu kemudian disantap bersama potongan sayur rebus dan juga saus steak sebagai pelengkap rasa.  Cita rasa pada nikmat steak ditentukan oleh berbagai faktor antara lain kualitas daging yang digunakan, pemilihan bahan tambahan seperti sayuran dan bumbu serta cara memanggang steak yang tepat dan benar. Selain itu, kunci kenikmatan steak juga banyak dipengaruhi kualitas rasa saus  steak yang digunakan untuk membaluri daging sebagai sentuhan akhir. Selalu gagal membuat steak istimmewa? Mungkin cara membuat saus steak Anda kurang tepat. Berikut langkah demi langkah cara membuat saus steak yang bisa Anda coba di rumah.

Saus Steak Jamur

Ada banyak varian saus steak, salah satu yang terbaik dan banyak disukai orang-orang adalah saus steak dengan tambahan jamur. Cara membuat saus steak jamur cukup mudah. Berikut ini caranya :



Bahan Bahannya :

  1. Mentega sebanyak 1 sendok makan. Mentega ini digunakan untuk me numis.
  2. Bawang Bombay sebanyak ½ buah. Kupas kulit,cuci bersih dan cincang halus.
  3. Bawang putih sebanyak 2 siung. Cincang halus.
  4. Saus tiram sebanyak 3 sendok makan. Jika tak ada, Anda juga bisa menggunakan saus Inggris. 
  5. Tepung maizena sebanyak 1 sendok teh. Jika tidak ada, Anda bisa menggantinya dengan terigu biasa.
  6. Kaldu ayam cair sebanyak 150 ml. 
  7. Jamur kancing sebanyak 100 gram. Berihkan dan kemudian potong tipis-tipis.
  8. Garam, merica dan bumbu penyedap secukupnya

Cara Membuat :

Adapun cara membuat saus steak jamur ini,pertama tumis bawang putih dan juga bawang Bombay yang telah dicicincang tadi. Tumis hingga baunya harum. Setelah itu, masukkan jamur kancing dan aduk terus hingga rata. Masukkan saus tiram atau saus inggris juga kaldu ayam. Kemudian tambahkan sedikit air dan masak hingga mendidih.  Terakhir tambahkan garam, merica dan bumbu penyedap. Kemudian masukkan tepung maizena yang telah dicampur sedikit air. Fungsi maizena adalah sebagai pengental. Masak hingga saus kental dan matang. selanjutnya angkat dan siram di atas steak lezat Anda.

Saus Steak Blackpaper

Saus steak lainnya yang paling banyak digemari adalah saus blackpaper. Cara membuatnya kurang lebih sama dengan saus jamur. Hanya saja bahan-bahan yang digunkan sedikit berbeda.

Bahan-bahan :


  1. Bawang putih sebanyak 10 siung. Kupas, cuci dan cincang halus.
  2. Bawang merah sebanyak 10 siung.
  3. Wortel  sebanyak 6 biji.Potong seperti dadu kecil.
  4. Bawang Bombay sebanyak 5 biji. Cincang halus.
  5. Tomato Paste sebanyak 5 kaleng.Buka dan panaskan.
  6. Air sebanyak 5 liter.
  7. Tulang kipas sapi sebanyak 2 kg.
  8. Lada hitam bubuk sebanyak 2 sendok makan.
  9. Daging tetelan sebanyak 1 kilogram.

Adapun cara membuat saus steak blackpaper adalah pertama adalah campurkan tomate paste yang telah dipanaskan dengan air sebanyak 5 liter. Setelah panasnya cukup, masukkan semua bahan antara lain potongan bawang putih dan merah, bawang Bombay, wortel, tulang kipas sapi, dan daging tetelan. Setelah mendidih dan mengental, taburkan lada hitam di atasnya. Tambahkan penyedap jika Anda inginkan. Tunggu hingga saus mengembang dan kemudian kembali menyusut. Dalam keadaan panas, siramkan di atas steak dan sajikan. Selamat mencoba.