Tips Cara Mengusir Kecoa


Cara Mengusir Kecoa
Siapa sih yang suka dengan kehadiran kecoa? Pastinya tidak ada yang suka dengan kehadiran serangga ini karena selain jorok dan bau, kecoa juga merupakan salah satu biang penyakit. Karenanya kecoa harus dimusnahkan!

Cara mengusir kecoa memang gampang-gampang susah. Hal ini karena ketahanan tubuh kecoa yang sangat luar biasa. Bayangkan, kecoa dapat hidup tanpa makanan hingga satu bulan, bisa hidup tanpa air selama dua minggu dan bisa hidup tanpa kepala selama beberapa hari. Nah, jika Anda sedang mencari tahu tips cara mengusir kecoa yang efektif, berikut ini beberapa tips ala Menjadi Bijak yang bisa dilakukan :

Menghancurkan Tubuh Kecoa

Seperti yang telah diungkapkan di atas bahwa kecoa dapat hidup beberapa hari tanpa kepala, maka kita perlu upaya lebih dari memutuskan kepalanya untuk membunuh kecoa. Salah satunya adalah dengan menghancurkan tubuhnya. Cukup siapkan sandal atau sepatu kemudian injak kecoa beberapa kali hingga mati. Cara ini memang cukup efektif membunuh kecoa dewasa, namun tidak dapat mencegah menetasnya telur-telur kecoa. Selain itu tidak semua orang memiliki keberanian untuk menginjak tubuh kecoa. 

Menggunakan Obat Serangga

Cara ini juga cukup efektif untuk membunuh serangga hingga pada telur-telurnya. Namun beberapa obat serangga memiliki kandungan zat berbahaya yang tidak hanya bisa membunuh kecoa, tetapi juga meracuni penggunanya. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan obat serangga, pastikan Anda menggunakan bahan yang tidak menimbulkan alergi bagi Anda dan pastikan selalu mencuci tangan dengan hand sanitizer setelah menggunakan obat serangga. Salah satu obat serangga yang disarankan untuk mengusir kecoa adalah kapur anti serangga. Biasanya kapur ini dioleskan di tempat-tempat tertentu dan jika ada serangga yang melewatinya biasanya akan mati.

Mengusir Kecoa dengan Bahan Alami

Cara ini jarang sekali digunakan karena memang tidak mampu membunuh kecoa seperti pemakaian dengan obat serangga. Namun demikian mengusir kecoa dengan bahan alami relatif lebih aman bagi kesehatan. Beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengusir kecoa adalah daun salam segar (bukan yang kering), mentimun, dan lemon. Caranya cukup dengan iris-iris bahan tersebut menjadi beberapa potongan kemudian sebarkan ke beberapa tempat yang ditengarai menjadi sarang kecoa. Biasanya kecoa akan berpindah dari tempat tersebut karena mereka tidak suka dengan bau dari bahan tersebut.

Ketiga tips cara mengusir kecoa tersebut dapat Anda lakukan secara bersama-sama. Namun seperti yang pepatah bilang bahwa mencegah lebih baik daripada menyembuhkan, alangkah baiknya kita menjaga kebersihan agar kecoa tidak mewabah di tempat tinggal kita.