Cara Menghilangkan Bekas Cacar


Cara Menghilangkan Bekas Cacar
Penyakit cacar dalam bahasa ilmiah medis dikenal dengan nama Variola, sedang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama small pox. Cacar timbul disebabkan oleh virus bernama virus poks (pox virus).Gejala yang timbul saat seseorang terjangkit cacar umumnya adalah demam, serta kemunculan gelembung-gelembung bernanah yang muncul di beberapa bagian tubuh dan wajah secara merata. Sebenarnya ada banyak jenis cacar, namun pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai cacar air, pengobatan,  serta beberapa tips untuk menghilangkan bekas cacar yang muncul.

Apa itu Cacar Air?

Cacar air atau Varicella simplex adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster. Penyakit ini disebarkan secara aerogen. Aerogen adalah istilah untuk merujuk kepada penyebaran suatu penyakit lewat perantara udara. Beberapa virus menggunakan sarana ini untuk menempati inang baru.

Bagaimana cara mengobatinya?
Cacar air sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya, namun dalam beberapa kasus juga dapat berulang pada orang dengan daya tahan tubuh yang menurun.  Biasanya dapat diberi pengobatan “Asiklovir” berupa 800 mg per hari setiap 4 jam sekaliselama 7-10 hari dan salep yang mengandung asiklovir 5% yang dioleskan tipis di permukaan yang terinfeksi 6 kali sehari selama 6 hari.

Menghilangkan Bekas Cacar

Penyakit cacar sebenarnya tidak begitu berbahaya, namun bekas yang ditinggalkannya tentu sangat membuat risih penderitanya. Bekas cacar dapat mengganggu penampilan dan juga dapat mengurangi rasa percaya diri. Umumnya bekas cacar berupa benjolan-benjolan kering berwarna gelap kehitam-hitaman.  Bekas cacar pada penderita usia muda akan lebih mudah hilang dibanding dengan penderita dengan usia diatas 20 tahun, namun jangan panik dibawah ini akan dijelaskan beberapa  tips yang dapat membantu menghilangkan bekas cacar.
Menghilangkan Bekas Cacar Menggunakan Temulawak

Resepnya :
-    Temulawak        25 gr
-    Kencur        15gr
-    Asam Jawa        15 gr
-    Air            600 cc
Cuci bersih semua bahan dan potong menjadi bagian kecil-kecil. Rebus semua bahan menjadi satu, biarkan mendidih dan menyusut hingga separuhnya. Minum 2-3 hari dalam sehari secara rutin.
Menghilangkan Bekas Cacar Menggunakan Mengkudu
Buah mengkudu yang sudah matang (berwarna kuning) dibuat jus dan diminum seperti ramuan pertama secara rutin.

Menghilangkan Bekas Cacar Menggunakan Daun Pegagan
Ambil daun pegagan secukupnya dan cuci bersih, kemudian dibuat jus dan dicampur dengan madu sesuai selera agar rasa lebih enak.  Daun pegagan ini akan membantu proses peremajaan kulit dari dalam. 

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Menggunakan Jagung Muda
Jagung muda dicuci bersih dan diparut, kemudian oleskan pada kulit tubuh yang terkena cacar.  Ramuan ini dapat dipakai saat cacar masih menjangkit tubuh dan dilanjutkan pada masa penyembuhan dan proses menghilangkan bekas cacar. 
Cara Menghilangkan Bekas Cacar Menggunakan Kacang Hijau
Kacang hijau direndam dalam air hingga mengembang/ membengkak, kemudian tumbuk halus dan oleskan pada bagian kulit yang terdapat bekas cacar.


Selain ramuan-ramuan diatas, banyak mengkonsumsi air putih, vitamin C dan makanan-makanan yang mengandung vitamin E juga dapat membantu untuk menghilangkan bekas cacar air.  Selain itu, tetaplah jaga kebersihan badan dan kesehatan tubuh Anda sehingga penyakit akan lebih mudah ditangkal penularannya.  Jadi, jangan khawatir dan takut lagi dengan bekas cacar yang ada di tubuh. Semua penyakit pasti ada obatnya. Jangan berputus asa, karena Tuhan menurunkan penyakit dengan penawarnya.  Selamat Mencoba!

Referensi :
http://id. wikipedia. org/wiki/Cacar_air
http://utuy-semrawut. blogspot. com/2012/02/cara-menghilangkan-bekas-cacar-ampuh. html
http://www. anneahira. com/cara-menghilangkan-bekas-cacar. htm