Tips Memilih Sepatu Futsal yang Sesuai


Tips Memilih Sepatu Futsal
Sepatu futsal merupakan perlengkapan utama yang harus dimiliki seorang pemain futsal sebelum terjun ke lapangan. Sepatu ini berfungsi untuk melindungi kaki Anda saat bermain. Mengingat betapa pentingnya fungsi sepatu, tentu Anda harus cermat memilih yang mana yang tepat untuk Anda gunakan. Ada banyak model, jenis, dan merk sepatu futsal di luar sana. Semuanya menawarkan kenyamanan. Namun bagaimanapun Anda harus jeli memilih sebelum memutuskan membeli. Sebab ada beberapa jenis sepatu futsal yang membuat kaki tak nyaman. Berikut trik dan tips memilih sepatu futsal untuk Anda mania bola.


Cermati Bahan Sepatu

Secara umum, bahan dasar sepatu futsal bisa terbuat dari kain (tekstil), kulit asli maupun imitasi. Bahan dasar kain biasanya digunakan pada jenis futsal Sala. Sepatu jenis ini tersedia dalam beragam merek. Sepatu futsal berbahan dasar kain ini memiliki sejumlah keunggulan antara lain, mudah menyerap keringat, ringan digunakan, serta tekstur berpori menjadikan sirkulasi udara di bagian kaki lebih teratur.

Bahan dasar sepatu futsal lainnya adalah kulit. Material ini dianggap sebagai bahan dasar sepatu yang terbaik sebab mendukung performa pemain. Kekuatan serta kelenturan sepatu membuat pemain nyaman menggunakan sepatu ini. Kulit yang bisa digunakan sebagai bahan sepatu ini berasal dari hewan kangguru dan kerbau. Namun menurut beberapa sumber, kualitas kulit kangguru jauh lebih baik dibandingkan kerbau.

Material dasar sepatu futsal lainnya adalah imitasi. Bahan ini memiliki kualitas yang paling rendah dibandingkan dengan kulit dan kain sebab kurang lentur dan mudah sobek. Jahitannya mudah lepas dan tentu akan menyusahkan pemain. Selain material kain, dewasa ini para pencipta telah mendisain sepatu fitsal dari bahan dasar lainnya seperti serat karbon, namun untuk jenis tertentu, harganya cukup tinggi dibandingkan material lain.

Kekuatan Sudut Tertentu

Sebelum membeli, pastikan Anda mencermati dengan seksama bagian depan dan belakang sepatu futsal yang Anda incar. Kedua bagian ini cukup signifikan sebab merupakan titik yang paling banyak menerima tekanan. Bagian depan sering digunakan untuk menendang sehingga sering bergesekan dengan bola. Sedangkan bagian belakang sepatu futsal untuk menopang tumit Anda. Karena fungsinya yang vital, bagian depan dan belakang sepatu haruslah terjamin kekuatannya, jahitannya serta materialnya.  Untuk bagian belakang, pastikan sol sepatu tebal dan empuk sehingga bisa menahan benturan kaki saat bermain

Bagian Dalam Sepatu Futsal

Tips memilih sepatu futsal lainnya adalah sebisa mungkin cermati bahan yang digunakan di bagian dalam sepatu futsal. Pastikan bahan tersebut lembut sehingga akan membuat kaki Anda nyaman. Pastikan pula bahan tersebut kuat dan mampu menyerap keringat dari kaki Anda saat sedang bermain. Jangan lupa juga perhatikan lapisan sol dalam. Bahannya harus terbuat dari material lembut yang kuat dan yang paling penting, menyatu dengan sepatu. Jangan membeli sepatu futsal dengan sol dalam yang hanya berupa lapisan karton atau bahan imitasi yang kaku dan keras. Hal ini akan menyakiti kaki Anda.

Untuk sol bagian luar, bahannya harus lentur, tebal, kuat dan tentu kesat. Sol luar ini cukup penting karena fungsinya untuk melindungi kaki dari benturan lantai. Jika Anda  menggunakan sepatu dengan sol luar yang tipis, maka bisa jadi kaki Anda akan mengalami cidera sebab benturannya tidak diredam dengan baik. Semoga tips memilih sepatu futsal ini membantu Anda.