Manfaat Ikan Salmon untuk Ibu Hamil


Manfaat Ikan Salmon
Ikan salmon sekarang ini menjadi salah satu ikan yang mempunyai warna yang begitu menarik di dalam dagingnya, yakni merah muda serta orange. Manfaat ikan salmon ini juga sudah lama dikenal sangat baik untuk ibu-ibu hamil bila dibandingkan dengan ikan yang lain. Hal ini dikarenakan oleh kandungan lemak tak jenuhnya yaitu Omega 3 yang cukup tinggi. Omega 3 ini merupakan lemak yang dibutuhkan guna membuat seluruh sel otak dan bayi tumbuh berkembang.

Bila ibu hamil mengonsumsi ikan salmon ini maka kesehatan dari janin yang dikandung olehnya bisa semakin baik. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Granda, hasilnya memperlihatkan bahwa konsumsi dua porsi ikan salmon dalam satu minggu bisa meningkatkan kesehatan ibu hamil beserta janinnya secara menyeluruh. Asupan ikan salmon ini bisa menambah kadar asam lemak omega 3 dan dapat meningkatkan pertahanan antioksidan untuk para ibu hamil. Mengonsumsi ikan salmon ini juga tak akan mengubah respon inflamasi serta ketahanan vaskuler.


Khasiat Ikan Salmon Bagi Ibu Hamil

Untuk para ibu-ibu hamil, mengonsumsi ikan salmon ini adalah sebuah hal yang sangat disarankan oleh para ahli kesehatan kandungan. Manfaat ikan salmon yang dikonsumsi ini bukan hanya baik untuk ibu hamil saja, akan tetapi juga bagi janin yang ada di dalam perutnya. Sebuah penelitian kecil telah berhasil membuktikan bahwa khasiat yang diberikan sama dengan mengonsumsi suplemen berupa 4 gr minyak ikan tiap harinya semenjak umur kehamilan 20 minggu. Kandungan asam lemak omega 3 yang ada di dalam ikan salmon ini juga terbukti sangat baik di dalam membantu perkembangan otak serta mata janin, dan menurunkan resiko bayi tumbuh abnormal.

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kecerdasan Bayi

Menurut sebuah penelitian mengenai ikan salmon ini, bayi yang memperoleh suplemen makanan dengan tingkat DHA serta ARA, yang mencakup Omega-3 dan juga Omega-6 di dalam dosis yang sesuai terbukti lebih mampu berkonsentrasi bila dibandingkan dengan para balita yang tak mendapatkan dua zat gizi itu secara mencukupi. Hanya diperlukan sekitar 2 hingga 3 kali porsi ikan salmon saja dalam satu minggu atau sekitar 200 miligram DHA tiap harinya, dan hal ini sudah bisa memenuhi kebutuhan balita.

Dengan terpenuhinya dua zat yang sangat penting untuk pertumbuhan bayi itu, maka lemak yang diperlukan guna membuat seluruh sel otak dan kecerdasan bayi untuk tumbuh dan berkembang pun juga semakin baik. Selain itu, para ahli juga mendapatkan data bahwa biomarker guna oksidasi lipid serta kerusakan oksidatif di DNA tak bisa dipengaruhi oleh asupan ikan salmon ini. Maka dari itu bisa disimpulkan bahwa manfaat ikan salmon yang lainnya bagi bayi adalah bisa menurunkan tingkat terkena stress oksidatif.