12 Manfaat Vitamin E bagi Kesehatan


Gambar Suplemen Vitamin E
Vitamin E adalah nama generik untuk "tokoferol" dan tersedia dalam empat bentuk yang berbeda. Vitamin E merupakan antioksidan yang larut dalam lemak, karena itulah manfaat Vitamin E untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Beberapa manfaat Vitamin E yang paling banyak dikenal adalah perlindungan terhadap racun seperti polusi udara, sindrom pramenstruasi, gangguan mata seperti katarak, penyakit saraf seperti penyakit Alzheimer, dan diabetes.

Berikut ini penjelasan rinci mengenai manfaat Vitamin E bagi kesehatan :

  1. Sifat antioksidan Vitamin E penting untuk membran sel. Misalnya, Vitamin E melindungi sel-sel paru-paru yang berada dalam kontak konstan dengan sel darah putih dan oksigen dan membantu melawan penyakit. Manfaat lain yang penting dari vitamin E adalah membantu mengurangi kolesterol dan risiko terkena kanker.
  2. Vitamin E membantu mempertahankan kadar air alami dalam kulit. Minyak Vitamin E membuat wajah kusam menjadi lebih bersinar, kulit kering terlihat lebih sehat dan segar. Anda juga dapat merawat kuku dengan cara mengoleskan sedikit minyak vitamin E secara teratur.
  3. Banyak wanita melaporkan bahwa vitamin E membantu mengurangi hot flashes dan gejala menopause lainnya. 
  4. Vitamin E melindungi dinding arteri dan mencegah terjadinya oksidasi kolesterol jahat atau yang biasa dikenal dengan LDL (low-density lipoprotein). Oksidasi kolesterol LDL merupakan sebuah sinyal awal yang menandai adanya penyumbatan arteri. 
  5. Tingginya kadar Vitamin E dalam tubuh mampu mengurangi resiko serangan jantung atau stroke dan memperlambat tanda-tanda penuaan.
  6. Manfaat Vitamin E dalam minyak nabati membantu menjaga makanan agar tetap segar dan tidak cepat basi. Vitamin E juga berfungsi untuk melindungi Vitamin A dalam makanan dari oksidasi. Hal ini membuat vitamin E sebagai pengawet makanan alami. 
  7. Vitamin E melindungi sel dan DNA dari kerusakan yang dapat berubah menjadi kanker. Menghambat pertumbuhan tumor sekaligus meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mencegah zat prakanker berubah menjadi karsinogen. Studi dengan tikus menunjukkan bahwa Vitamin E yang dioleskan pada kulit dapat membantu mencegah kanker kulit akibat paparan radiasi ultraviolet.
  8. Wanita yang menderita penyakit payudara fibrokistik dapat dibantu dengan suplementasi Vitamin E. Penyakit payudara fibrokistik ditandai dengan payudara yang terasa sakit, yang terkadang disertai dengan dengan benjolan jinak atau pembengkakan, mulai beberapa hari sebelum periode menstruasi.
  9. Vitamin E juga dapat bermanfaat bagi penderita diabetes dengan jalan meningkatkan aksi insulin dan meningkatkan metabolisme glukosa darah dengan mengurangi stres oksidatif.
  10. Seorang Atlet juga memerlukan asupan Vitamin E yang cukup. Akibat latihan yang dijalankan oleh seorang atlet dapat menciptakan radikal akibat proses metabolisma. Manfaat Vitamin E juga dapat meredakan nyeri pada otot betis yang terjadi pada malam hari setelah berolahraga.
  11. Bayi prematur menerima vitamin E untuk mengurangi atau mencegah kerusakan oksigen ke retina mata sebagai akibat dari ventilasi buatan. 
  12. Sebuah penelitian yang dilakukan dengan objek hewan menunjukkan bahwa vitamin E dapat membatasi kerusakan paru-paru yang disebabkan oleh polusi udara.
Referensi :
  1. http://www.newsmax.com/FastFeatures/Health-benefits-vitamin-E/2011/02/01/id/369888
  2. http://health.howstuffworks.com/wellness/food-nutrition/vitamin-supplements/benefits-of-vitamin-e.htm