Khasiat Jus Wortel bagi Kesehatan


Khasiat Jus Wortel bagi Kesehatan
Salah satu jus yang paling menyehatkan dan cukup digemari adalah jus wortel. Walau termasuk ke dalam kelompok sayuran, jus wortel tidak kalah nikmatnya jika dibandingkan dengan jus buah. Selain itu khasiat jus wortel juga sangat penting untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Di antaranya yaitu, dapat memperkuat rambut, tulang, dan gigi, melindungi kondisi kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, membantu mengatasi masalah pencernaan, membantu penyembuhan luka, menurunkan resiko kanker, mendorong pembentukan sel-sel darah, dan membantu membuang racun dalam hati. Wortel termasuk jenis sayuran yang terkenal karena kemampuannya dalam detoksifikasi racun dalam tubuh sehingga akan meningkatkan fungsi-fungsi semua organ tubuh. Beragam khasiat jus wortel tersebut dikarenakan pada wortel mengandung berbagai komponen kimia yang penting bagi kesehatan. Antara lain, karoten, fosfor,kalsium serat, pektin, serat, vitamin B dan vitamin C.

Khasiat jus wortel
yang baik bagi kesehatan tubuh paling banyak dikenal oleh masyarakat karena kandungan karotennya. Banyak peneliti telah mengekstrak kandungan karoten pada wortel untuk berbagai keperluan terkait manfaatnya. Kandungan karoten wortel umumnya berkisar antara 60 sampai 120 µg/g berat segar. Terbentuknya karoten ini ditandai dengan munculnya pigmen warna pada umbi wortel. Akumulasi tingkat tertinggi dari pigmen warna karoten biasanya terjadi pada saat umur tanaman wortel sekitar 90-120 hari, dan setelah itu berhenti secara perlahan-lahan. Oleh karena itu, pemanenan yang dilakukan juga dilakukan antara 90-120 hari. Fungsi karoten adalah sebagai antioksidan yang berperan mengatasi molekul-molekul radikal bebas atau bahan penyebab polutan yang dapat mengoksidasi sel-sel tubuh. Selain itu karoten juga berfungsi sebagai pro vitamin A sehingga membantu sekali dalam menjaga kesehatan mata dan kulit.

Bagi yang sedang melakukan diet sehat, konsumsi wortel sangat bagus untuk dicoba. Khasiat jus wortel salah satunya yaitu mengurangi asupan dari konsumsi nasi. Wortel mengandung gula alami yang dilepaskan secara perlahan-lahan ke dalam tubuh sehingga kita tidak kekurangan energi karena mengurangi nasi sebagai sumber karbohidrat. Kandungan gula wortel bukanlah terdiri dari kadar gula dalam jumlah besar,seperti pada kebanyakan gula yang kita kenal yang dapat masuk secara mendadak ke dalam tubuh sehingga membahayakan. Sebenarnya tanpa dibuat jus wortel juga baik jika dimakan mentah. Namun, bagi yang mengalami masalah pencernaan wortel yang telah dibikin jus merupakan makanan penyembuh yang sempurna bagi orang yang sedang sakit atau kondisi tubuhnya sedang menurun.Khasiat jus wortel lainnya adalah mampu membantu membentuk butir-butir sel darah merah sehingga akan meningkatkan kadar hemoglobin (HB) darah. Wortel juga mampu membantu mencegah penyakit jantung dan gangguan pada pembuluh darah. Disamping itu bila sering minum jus wortel akan mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.