Cara Merawat Jaket Kulit


Cara Merawat Jaket Kulit
Jaket kulit merupakan pakaian luar yang dikenakan baik pria maupun wanita berfungsi sebagai pelindung tubuh dari angin dan cuaca dingin dan angin. Jaket kulit pertama kali digunakan sebagai kostum untuk penerbang atau pilot sekitar tahun 1900-an, sehingga pada waktu itu disebut juga dengan bomber jacket. Bahan dasar pembuatan jaket kulit adalah kulit binatang, di antaranya kulit buaya, kulit sapi, kulit domba, kulit kerbau, kulit unta, dan sebagainya. Pada umumnya jaket kulit tersebut identik dengan warna cokelat atau hitam. Namun kini, beberapa merek ternama mulai menghadirkannya dengan warna-warna yang lebih dinamis dan atraktif. Selain itu, cara merawat jaket kulit juga tidak susah dan rumit seperti sewaktu pertama kali diperkenalkan. Bagian-bagian dari jaket kulit hampir mirip kebanyakan jaket pada umumnya. Tampak depan jaket kulit adalah bagian bukaan, dimulai dari bagian leher hingga ke bawah. Disini dapat dipakai kancing, ritsleting, atau sabuk untuk penutupnya. Pada tampak belakang tidak ada bahan tambahan lain selain bahan kulit dari jaket.

Bagi anda yang gemar memakai jaket kulit, ada beberapa cara merawat jaket kulit yang benar agar tahan lama dan tidak cepat rusak, meliputi:
  1. Jangan mencuci jaket dengan detergen - Detergen adalah bahan kimia yang mengandung zat adiktif yang bersifat memutihkan. Bila jaket kulit dicuci dengan detergen, maka warnanya akan pudar dan kering. Selain itu juga kekuatan jaket akan menjadi berkurang. Oleh karena itu, ketika mencucinya cukup hanya dilap saja menggunakan kain basah, lalu diangin-anginkan sampai kering. Tetapi, jangan mengeringkan jaket kulit di bawah sinar matahari langsung.
  2. Jangan memakai jaket ketika hujan - Jaket kulit memang dapat melindungi tubuh dari cuaca dingin, tetapi tidak terhadap air hujan. Bila terkena hujan, akan menyebabkan jaket menjadi lembab dan bau sehingga berpotensi tumbuhnya jamur yang ditandai dari bercak-bercak putih di jaket. Namun, jika telah terlanjur terkena air hujan, maka harus segera dikeringkan. Pengeringan dapat menggunakan kipas angin.
  3. Oleskan dengan lotion - Cara merawat jaket kulit berikutnya adalah dengan mengoleskannya dengan lotion. Panas yang berasal dari matahari dapat membuat kulit jaket menjadi kering dan pecah-pecah. Oleh karena itu, untuk mengembalikan kelembabannya dapat dioleskan dengan lotion yang sering kita pakai untuk tubuh. pengolesan dapat kita lakukan dengan menggunakan bantuan tisu, dan biarkan selam satu jam terlebih dahulu setelah dioleskan.
  4. Jangan menyemprotkan jaket dengan parfum - Kita sering memakai parfum untuk menghilangkan bau pada jaket, tapi hal itu sangat tidak dianjurkan. Karena parfum mengandung bahan kimia yang berbahaya karena dapat merusak jaket kulit.Jika dirasa jaket sudah menimbulkan bau tidak sedap, maka dapat dioleskan dengan lotion pewangi.