Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Akibat Flu


Mengatasi Hidung Tersumbat
Hidung merupakan bagian dari sistem pernapasan atas yang memiliki banyak fungsi. Fungsi hidung di antaranya sebagai saluran pernapasan, pengatur suhu dan kelembaban udara yang masuk melalui hidung, pertahanan tubuh terhadap mikroorganisme yang masuk ke dalam paru-paru, membantu proses bicara, dan sebagai organ penciuman. Untuk menjaga fungsi-fungsi tersebut berjalan dengan baik, maka kita harus menjamin kelancaran udara yang keluar masuk melalui hidung agar tidak tersumbat. Diketahui ada banyak faktor yang dapat menyebabkan hidung tersumbat, di antaranya radang (alergi), penyakit flu, kelainan anatomi, masuknya benda-benda asing, pengaruh obat, tumor, dan pengaruh hormon. Oleh karena itu, cara mengatasi hidung tersumbat pun dapat berbeda-beda tergantung dari faktor penyebabnya.

Namun, dari sekian banyak kasus penyebab terbesar penyumbatan hidung adalah diakibatkan oleh penyakit flu. Flu merupakan penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh virus influenza. Umumnya reaksi tubuh saat virus ini menyerang adalah terbentuknya lendir di dalam rongga hidung. Produksi lendir, apalagi dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan penyumbatan di sekitar rongga hidung sehingga dapat mengganggu pernapasan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat akibat flu tanpa menggunakan obat. Umumnya semua cara tersebut adalah cara sederhana, namun cukup efektif. Akan tetapi, bila cara yang dilakukan ini tidak berhasil dan penyumbatan masih terus terjadi sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

Berikut beberapa cara sederhana mengatasi hidung tersumbat akibat flu :

  • Menghembus hidung dari dalam

Hidung yang tersumbat akibat flu sangat mengganggu sekali dalam bernapas. Menghembus hidung dari dalam adalah cara sederhana yang sering dilakukan. Caranya yaitu dengan menekan salah satu lubang hidung, kemudian menghembusnya secara bergantian. Cara ini masih cukup efektif jika lendir yang menyumbat masih dalam bentuk cair (tidak kental).

  • Berkumur dengan ramuan herbal

Berkumur-kumur dengan ramuan herbal adalah cara mengatasi hidung tersumbat yang sudah sering dilakukan. Ada banyak sekali jenis herbal yang dapat digunakan, antara lain jahe, kayu manis, dan minyak kayu putih. Caranya yaitu dengan mencampurkan salah satu jenis herbal tersebut ke dalam air hangat, kemudian lakukan kumur-kumur secukupnya hingga dirasa lendir mulai keluar dari rongga hidung.

  • Uap panas atau hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat lainnya adalah dengan memanfaatkan uap panas atau hangat yang berasal dari air yang dipanaskan. Caranya yaitu dengan meletakkan wajah kita di atas air hangat selama beberapa saat. Agar lebih efektif biasanya ke dalam air panas ditambahkan bahan rempah-rempah untuk mempercepat mengencerkan lendir.

  • Makanan pedas

Memakan makanan pedas dapat mengencerkan lendir yang mengental dalam rongga hidung. Ini dikarenakan pada makanan pedas terdapat cabai atau lada yang mengandung capcaisin, yaitu senyawa yang dapat menimbulkan sensasi panas pada tubuh.