Cara Sederhana Membersihkan Komedo


cara membersihkan komedo
Komedo (comedones) adalah suatu gejala patognomonik (khas) pada kulit yang berasal dari minyak yang dikeluarkan oleh tubuh. Setiap waktu tubuh menghasilkan minyak yang berfungsi untuk menjaga kulit dari kekeringan. Minyak ini dihasilkan di dalam jaringan kulit yang kemudian dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Jika pori-pori kulit mengalami penyumbatan,misalnya akibat riasan, kotoran atau sel-sel kulit mati, maka minyak akan sulit untuk keluar. Minyak yang tersumbat di dalam pori-pori lalu bereaksi dengan oksigen sehingga mengeras dan berubah menjadi hitam, inilah yang kemudian disebut dengan komedo. Sebenarnya, cara membersihkan komedo ini tidaklah susah jika kita mengetahui seluk beluk mengenai komedo.

Komedo dapat dibedakan ke dalam 2 jenis, yaitu komedo terbuka (black head) dan komedo tertutup (white head). Komedo terbuka adalah gumpalan massa sebum yang tampak seperti titik hitam pada permukaan kulit wajah dan tidak tertutup oleh epitel kulit, sehingga mudah dikeluarkan. Sedangkan komedo tertutup adalah gumpalan massa sebum yang terjadi dibawah permukaan kulit, terlihat seperti titik putih kekuningan dan permukaannya tertutup oleh epitel kulit sehingga sulit untuk dikeluarkan. Ada banyak cara membersihkan komedo yang dapat dilakukan, dan sebagian besar dari cara tersebut dapat dilakukan sendiri.

Berikut tiga cara membersihkan komedo yang paling banyak dipakai:

  • Menggunakan Handuk Hangat

Metode handuk hangat adalah cara membersihkan komedo yang paling banyak dipakai. Dengan menggunakan handuk yang telah dibasuh dengan air panas, lalu ditempelkan ke bagian wajah selama 15 sampai 30 menit. Panas dari handuk akan membuka pori-pori kulit, sehingga membuat minyak ke luar dan meresap ke dalam handuk. Namun, kekurangan dari cara ini adalah tidak semua komedo dapat keluar. Perlu dilakukan beberapa kali ulangan agar komedo dapat terangkat semuanya.


  • Menggunakan Ekstrak Herbal

Ada banyak jenis ekstrak herbal yang dapat digunakan untuk membersihkan komedo. Salah satunya adalah menggunakan minyak atsiri yang berasal dari tumbuhan lavender dan daun teh. Caranya yaitu dengan memasukkan campuran kedua jenis minyak atsiri tersebut ke dalam air hangat. Selanjutnya, dengan menggunakan ramuan tersebut cuci wajah anda hingga dirasa cukup bersih dan keringkan dengan menggunakan handuk. Prinsip kerja dari metode ini adalah memanfaatkan panas dan senyawa aktif minyak atsiri. Panas dari air akan membuat pori-pori kulit menjadi terbuka, sedangkan minyak atsiri akan menarik komedo dari dalam pori-pori.

  • Menggunakan Sendok Unna 

Sendok unna atau sendok komedo terlebih dahulu disterilkan dengan menggunakan alkohol. Sebelum pengerjaan sebaiknya memakai sarung tanganuntuk menghindari kemungkinan timbulnya infeksi pada kulit. Dengan memakai sendok unna, komedo diambil dengan gerakan berputar di tempat, dengan sedikit menekan dan mengangkat. Lubang sendok unna harus tepat berada di tengah komedo dan tidak boleh digeser-geser atau ditekan paksa, karenadapat menimbulkan pigmentasi dan kemerahan pada kulit.Setelah pemakaian, alat tersebut harus disterilkan kembali dengan alkohol dan disimpan di tempat yang bersih.