Khasiat Air Mata Kucing


Khasiat Air Mata Kucing
Apakah anda sudah mengetahui buah mata kucing itu apa? Pada mulanya memang banyak orang yang bertanya-tanya ketika melihat ataupun mendengar tentang air mata kucing, minuman seperti apakah itu? Ternyata, mata kucing merupakan sebutan yang diberikan oleh orang negeri Jiran, Malaysia untuk kelengkeng dan buah ini pun mempunyai banyak khasiat yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit.

Buah kelengkeng alias mata kucing ini memang saudara dekat dari leci serta rambutan. Di China, buah ini disebut sebagai long yan rou yang berarti mata naga yang tajam. Sementara itu di Jepang, buah ini dikenal sebagai ryuugan, lamyai pa di Thailand, dan Longan dalam bahasa Inggris. Buah kelengkeng ini masuk di dalam family Sapindaceae yang merupakan tanaman yang asli berasal dari Asia Tengara.

Khasiat Air Mata Kucing


Minuman ini mempunyai khasiat guna menurunkan panas dalam, mengurangi batuk, dan dapat mengeluarkan dahak serta mengembalikan lagi kebugaran tubuh kita. Bila diminum tiap hari, maka khasiat dari air mata kucing ini akan semakin bisa kita rasakan. Di China sendiri, buah ini banyak sekali dipakai untuk dijadikan obat tradisional. Dengan makin pesatnya perkembangan teknologi pangan, maka sekarang ini buah ini banyak dibuat di dalam bentuk sirup serta banyak diekspor ke Eropa.

Biji mata kucing ini memiliki kandungan phenolic seperti halnya corilagin, asam gallic, dan asam ellagic, yang bermanfaat sebagai antioksidan. Daun dari pohon mata kucing ini kaya akan kandungan quercetin dan quercitrin yang mempunyai sifat antioksidan dan sebagai antivirus, sehingga dapat dimanfaatkan guna mengobati diabetes, kanker, serta penyakit kardiovaskular lainnya.

Bijinya juga kaya akan kandungan tannin, saponin, dan lemak, sehingga banyak digunakan untuk membuat shampoo serta untuk mengatasi keringat secara berlebih. Selain itu, biji mata kucing ini juga banyak dipakai guna menghentikan pendarahan. Secara tradisional, daging buahnya banyak digunakan sebagai obat sakit perut, menyembuhkan demam, menangkal racun, serta pembunuh cacing di perut. Air sedunan dari daging mata kucing yang dikeringkan bisa digunakan sebagai penyegar dan juga obat untuk kelelahan kronis, insomnia, lemah, dan nafsu makan yang menurun.

Buah kelengkeng ini dikenal juga sebagai salah satu penghasil energi yang baik serta bisa meningkatkan stamina sebab kaya akan kandungan protein, glukosa, lemak, serta asam tartaric. Maka dari itu mata kucing ini juga baik untuk dikonsumsi oleh ibu-ibu hamil yang lemah ataupun pasca melahirkan, namun jangan sampai jumlahnya berlebihan. Khasiat air mata kucing lainnya yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin adalah dapat mencegah anemia, rambut yang cepat beruban, menyembuhkan penyakit lainnya.