Sejarah Dan Tips Mengetik 10 Jari


 Tips Mengetik 10 Jari

Sejarah Singkat Mengetik 10 Jari

Seorang juru steno pengadilan yang berasal dari Salt Lake City bernama Frank Edward Mc Gurrin adalah orang yang pertama kali menemukan teknik mengetik 10 jari di tahun 1988, tepatnya tanggal 25 Juli. Ia juga merupakan seorang pengajar di kelas mengetik kala itu. dirinya memakai touch typing dan berhasil memenangkan sebuah kontes mengetik yang diadakan di Cincinnati dengan sukses mengalahkan pesaing terberatnya, Louis Traub yang mengoperasikan Caligraph dengan cara B jari.

Manfaat Mengetik 10 Jari

Pastinya akan begitu membahagiakan bagi kita jika kita bisa mengusasi teknik mengetik menggunakan 10 jari kita ini. Sejatinya memang sah saja bila kita ingin mengetik menggunakan beberapa jari kita saja, apakah itu 8, 9, atau yang lebih populer yaitu dengan 11 jari alias 2 jari telunjuk kita. Lalu mengapakah harus menggunakan 10 jari kita semuanya? Ya, memang ternyata sangat banyak manfaat yang dapat kita peroleh bila kita dapat mengetik 10 jari. Salah satu manfaatnya adalah pekerjaan apapun yang kita kerjakan akan bisa kita selesaikan dalam waktu yang lebih singkat, khususnya untuk kita yang bekerja di perkantoran yang sehari-hari di dalam kerjanya selalu berhadapan dengan laptop ataupun komputer.

Sementara seluruh 10 jari yang kita miliki kita gunakan untuk mengetik, maka pikiran kita cuma tinggal kita konsentrasikan saja kepada apa yang ingin kita ketik dan mata kita pun juga bisa tetap fokus ke layar monitor untuk mengawasi apakah ada kesalahan di dalam kerjaan yang kita ketik. Bila memang ada beberapa kesalahan di dalam pengetikan, maka kita hanya tinggal memperbaikinya dengan lebih cepat tanpa mesti berkali-kali melihat dan mengawasi ke arah keyboard serta monitor. Kita pastinya bisa membayangkan bila mata kita ini mesti disibukkan dengan lihat ke atas serta ke bawah guna mengawasi layar dan keyboard kita. Bisa-bisa kepala kita justru pusing duluan sebelum pekerjaan kita selesai.

mengetik sepuluh jari


Tahap Dasar Mengetik 10 Jari
  • Hafalkanlah posisi tombol  huruf, tombol, fungsi, dan tombol angka di keyboard laptop ataupun PC anda. Setelah itu letakkanlah jari di posisi awal yang merupakan posisi tangan dan jari yang strategis, yang bisa memungkinkan semua jari kita menjangkau semua tuts. Hafalkanlah jari serta tuts keyboard secara vertical.
  • Setelah itu hafalkanlah jari dan fungsinya, jari makanah yang menekan tuts tertentu di keyboard. Beberapa gambar dalam artikel ini mungkin akan dapat membantu Anda untuk menghafalkan letak huruf dan jari yang digunakan.
  • Lakukanlah latihan akurasi pengetikan atau yang biasa disebut juga dengan drilling. Latihan ini bisa kita lakukan dengan mengetikkan kata-kata ataupun kalimat-kalimat tertentu. Tak apa bila pada awalnya kita melakukan banyak kesalahan, namun lambat laun kita pasti akan mulai menguasai teknik mengetik 10 jari.
Menguasai teknik mengetik 10 jari memang tidak mudah dan butuh kedisiplinan untuk dapat menguasainya. Berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda agar lebih mudah menguasai teknik ini :
  • Sebisa mungkin Anda harus tenang dalam berlatih mengetik. Terlalu tergesa-gesa akan menurunkan tingkat akurasi jari-jari Anda.
  • Sejajarkan telapak tangan dengan pergelangan tangan ketika mengetik. Posisi ini akan mempermudah Anda dalam menjangkau tombol-tombol keyboard secara akurat.
  • Upayakan agar posisi siku menggantung cukup tinggi. Jika menggantung terlalu rendah akan menyebabkan tangan terasa kaku.