Membidik Peluang Usaha Budidaya Ikan Koi

Budidaya Ikan Koi
Ikan koi merupakan salah satu varian ikan mas yang banyak dipelihara sebagai hiasan. Ikan ini memang memiliki tampilan yang menarik. Ada beberapa warna yang menghiasi sisiknya. Kombinasi warna pada sisik inilah yang membuat ikan koi banyak digemari. Ikan ini kabarnya berasal dai Jepang dan banyak dianggap sebagai ikan yang mendatangkan keberuntungan pun keuntungan bagi mereka yang berminat membudidayakan ikan koi. Jenis ikan ini dianggap memiliki prospek yang cerah sebab ia tidak memerlukan perlakuan khusus saat dibudidayakan. Tertarik?

Permintaan pasar lokal pun internasional akan ikan koi akhir-akhir ini semakin meroket. Meskipun faktanya ikan koi memilliki harga yang cukup mahal, namun peminatnya tak surut. Jika dibandingkan dengan ikan untuk konsumsi, keuntungan yang didapatkan oleh peternak ikan hias jauh lebih besar sebab pangsa pasarnya multi-negara. Selain itu, ikan hias juga diburu untuk tujuan kontes. Jika ikan koi Anda berkualitas, para kontestan ikan koi ini pasti berani membayar lebih.

Ikan koi masih kerabat atau turunan dari ikan mas, adapun klasifikasinya dalam tatanan binomial adalah sebagai berikut:
  1. Kingdom : Animalia
  2. Phylum : Chordata
  3. Subphylum : Vertebrata
  4. Superclass : Osteichthyes
  5. Class : Actinopterygii
  6. Subclass : Neopterygii
  7. Infraclass : Teleostei
  8. Superorder : Ostariophysi
  9. Order : Cypriniformes
  10. Superfamily : Cyprinoidea
  11. Family : Cyprinidae
  12. Genus : Cyprinus
  13. Species : Cyprinus carpio Linnaeus, 1758
  14. Subspecies : Cyprinus carpio carpio Linnaeus,
Karena berkerabat, secara umum bisa dikatakan budidaya ikan koi kurang lebih sama dengan teknik budidaya ikan mas. Ikan koi dibagi lagi ke dalam beberapa jenis yang pembagiannya didasarkan pada corak serta warna sisiknya. Dalam dunia perdagangan, ikan koi biasanya dilabeli kualitas A, B, C dan seterusnya. Pelabelan ini berdasarkan pada kualitasnya. Sementara itu, jika didasarkan pada warna sisiknya, ikan koi dibagi kedalam beberapa jenis yakni:
  1. Ikan Koi Kohaku yang berwarna merah dan putih
  2. ikan koi Showa dengan warnah belang merah dan juga putih
  3. Ikan koi sanke dengan warna belang merah dan hitam
Ikan koi termasuk ke dalam jenis ikan yang dipelihara di dalam air tawar dengan iklim berkisar pada angka 8 derajat Celsius sampai 30 derajat Celsius. Koi adalah ikan omnivora yang memakan semuanya. Ia punya kebiasaan mengaduk-aduk dasar kolam untuk mencari makanan yang ada ditempat tersebut. Sama seperti ikan mas, budidaya ikan koi meliputi kegiatan antara lain persiapan kolam, persiapan induk, proses pemijahan, pendederan, pembesaran ikan, pemberian pakan, pengendalian hama dan juga penyakit dan terakhir adalah pemanenan. Secara umum, tak ada perbedaan mencolok antara teknik budidaya ikan mas dan ikan koi, hanya saja perhatian khusus harus diberikan pada pemilihan bibit ikan koi terutama pada kombinasi warna sisik indukannya. Sebab bibit indukan ini sangat berpengaruh pada jenis ikan koi yang dihasilkan kelak. Dan, jika pada ikan mas biasa, harga semakin melambung jika ukuran semakin besar. Pada ikan koi, harga berpatokan pada keindahan ikan. Anda tertarik? Selamat mencoba ya!