Kolam Ikan Minimalis

Kolam Ikan Minimalis
Saat ini, kita menjumpai konsep rumah modern minimalis sedang digemari. Dengan area yang tidak terlalu begitu luas, rumah disulap menjadi tempat yang menyenangkan sekaligus fungsional. Salah satu fitur rumah modern minimalis adalah kolam ikan minimalis. Sama seperti namanya, kolam ikan yang satu ini menampilkan keindahan alam berupa riakan ikan namun tidak memakan banyak tempat. Kola mini banyak digemari oleh mereka yang suka dengan suara riak air pun mereka yang memang mencintai ikan sebagai peliharaan. Anda tertarik?

Salah satu keunggulan kolam ikan minimalis adalah perawatannya yang tidak menyulitkan. Kolam ikan minimalis biasanya terdiri dari beberapa landscape antara lain taman dan kolam. Sementara itu, jenis kolam sendiri ada beragam antara lain kolam dengan relief khusus ataupun kolam yang flat tanpa ukiran. Adapun pemilihan letak kolam tak mutlak di depan rumah. Anda bisa mengkondisikannya di dalam rumah ataupun di belakang. Yang paling penting sebelum membangun kolam ikan minimalis adalah perkiraan lahan yang bisa digunakan. Lahan tidak perlu terllau luas agar tampilan lebih dapat. Luas kolam harus proporsional jika dibandingkan dengan luas keseluruhan rumah. Hal lain yang patut diperhatikan adalah lokasi. sebaiknya kolam dibangun di area rumah yang mudah dijangkau dan menjadi sudut pandang utama dari semua ruangan.


Faktor lain yang harus diperhatikan saat hendak membangun kolam ikan minimalis adalah sirkulasi air. Apabila surkulasi tidak baik maka kolam yang cantik Anda akan berubah menjadi kolam yang terlihat kotor dan airnya tidak bersih. Hal ini tentu mengganggu. Karena itu, pastikan sirkulasi air mendukung pemilihan posisi kolam ikan minimalis Anda.

gambar kolam minimalis

Jika ditinjau dari segi biaya, secara umum penyedia jasa pembuatan kolam ikan minimalis memasang budget atau biaya pembuatan berkisar di nominal Rp.2,5 juta per meter kolam. Budget ini sudah termasuk biaya filter, pompa air, lampu juga water fountain. Jika Anda merasa biaya ini terlalu mahal, anda bisa membuat kolam minimalis sendiri dengan estimasi biaya berikut:

  1. Biaya pembuatan bagian pondasi, per meternya sekitar Rp.200.000
  2. Batu andersit dengan estimasi harga sekitar 230.00 per meternya.
  3. Pompa air denga estimasi harga 1,5 juta.
  4. Lampu kolam ikan minimalis dengan estimasi biaya Rp.250.000 sampai Rp.800.000.
  5. Bebatuan paras dengan harga sekitar Rp.230.000 per meter. Estimasi ini sudah biaya pengukiran batu paras.
  6. dll.
Setelah mendapatkan kolam ikan minimalis, diperlukan langkah perawatan agar kebersihan dan keindahan kolam Anda tetap terjaga. Langkah perawatan yang bisa dilakukan antara lain:
  1. Secara rutin membersihkan kolam ikan minimalis minimal seminggu sekali.
  2. Rajinlah mengganti filter air kolam Anda minimal dua minggu sekali. Hal ini dilakukan agar kolam terhindar dari air yang keruh dan juga bau.
  3. Apabila kolam Anda diisi dengan ikan, sebaiknya cermat memberikan makanan. Jangan terlalu berlebihan sebab jika ia, warna pada makanan ikan itu akan mengotori air di kolam dan membuatnya tampak keruh dan kotor.