Ada Khasiat Di Setiap Tetes Minyak Cengkeh

Syzygium aromaticum atau yang lebih familiar dikenal dengan nama cengkeh merupakan tanaman yang terkenal karena aroma khasnya. Tahukah Anda bahwa cengkeh ini merupakan tanaman asli yang berasal dari tanah Nusantara? Meski demikian, saat ini cengkeh sudah banyak ditemukan di Negara lain. Di Eropa misalnya, cengkeh populer dijadikan bumbu masakan dengan cita rasa pedas, sementara itu di Negara lainnya, cengkeh populer dijadikan bahan baku rokok. Selain dalam bidang kuliner dan juga rokok, tanaman cengkeh juga banyak diolah menjadi minyak. Minyak cengkeh ini diperoleh dari tangkai bunga tanaman cengkeh yang dikeringkan terlebih dahulu sebelum disuling menjadi minya. Di Amerika dan Eropa, minyak cengkeh ini sangat populer. Ia dikenal dengan nama clove oil dengan segudang manfaat. Mau tahu apa saja khasiat minyak cengkeh ini? Simak uraian berikut ini.

Minyak cengkeh memiliki sejumlah khasiat yang belum diketahui banyak orang. Apa saja?

Sebagai Anti-bakteri

Minyak cengkeh diketahui memiliki sifa anti terhdap bakteri. Sifat ini kemudian menjadikan ia bermanfaat dalam banyak hal antara lain untuk menyembuhkan kulit yang luka dan infeksi. Manfaat lainnya adalah mengatasi sengatan atau gigitan serangga di kulit. Caranya sangat mudah, cukup dioleskan secara merata pada bagian yang diinginkan.

Selain itu, jika Anda mencampur minyak cengeh dengan sejumlah minyak lemon dan air, maka ia akan berubah menjadi pembersih rumah yang sangat ampuh mengusir bakteri dan membuat keluarga Anda lebih sehat. Cairan pembersih ini bisa juga Anda pakai di wastafel, toilet atau tempat lainnya yang banyak ditumbuhi bakteri.

Minyak Cengkeh Anti-jamur

Tahukah Anda bahwa minyak cengkeh juga sangat ampuh digunakan untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh jamur? Misalnya saja kuku Anda yang diserang jamur bisa dengan mudah diatasi dengan menggunakan minyak cengkeh pada jari-jari tangan Anda.

Anastesi Alamiah

Salah satu khasiat minyak cengkeh lainnya adalah peraannnya sebagai anastesi alamiah. Hal ini telah lama diketahui oleh dokter gigi sehingga adalah hal yang lazim jika dahulu mereka menggunakan minyak cengkeh untk mengatasi iritasi serta mengurangi rasa sakit pada mulut yang disebabkan oleh gigi yang sedang rusak.

Minyak Cengkeh Bersifat Anti-inflamasi

Minyak cengkeh mampu mengurangi peradangan yang Anda alami. Oleh sebab itu, ia sangat populer dijadikan minyak urut atau pijat dan juga minyak oleh untuk mengatasi beberapa keluhan seperti asma dan bronchitis dengan cara dihirup. Selain itu, apabila hidung Anda tersumbat karena flu, dengan menghirup aroma minyak cengkeh, hidung Anda akan plong seketika.

Kandungan Minyak Cengkeh


Manfaat minyak cengkeh yang kompleks tersebut bersumber dari sejumlah senyawa yang dikandungnya. Apa saja? Berdasarkan penelitian ilmiah, diketahui bahwa minyak cengkeh mengandung senyawa bernama eugenol sampai 78%! Senyawa ini merupakan antiseptic, perasa serta analgesic alamiah terbaik. Eugenol sangat familiar digunakan dalam industri kosmetika atau perawatan mulut utamanya gigi. Selain itu, cengkeh juga mengadung eugenol asetat yang merupakan penyebab cengkeh memiliki rasa pedas yang khas. Cengkeh juga mengandung Beta-Caryophyllene yang merupakan zat bersifat adiktif. Hal ini yang menjadikan cengkeh candu bagi mereka yang merokok.

Selain senyawa yang disebutkan di atas, minyak cengkeh juga secara detil mengandung senyawa antara lain: Komponen lain yang terdapat dalam minyak cengkeh meliputi: Methyl saliculate sebanyak 0,07%, Linaloola sebanyak 01%, Pinene 01%, p-Allyl phenol sebanyak 0,19%, Copaene sebanyak 0,1%, a-Humulene sebanyak 0,4%, (E)-beta-Ocimene sebanyak 0,33%, Caryophyllene oxide sebanyak 0,1%, 2-Heptanone sebanyak 04%, 2-Nonanone sebanyak 0,2 %, alfa-Cadinene sebanyak 04%, 2-Heptyl acetate sebanyak 04%, dan juga sejumlah senyawa p-Cymene.