Wajib Tahu: Manfaat Daun Pandan Wangi!

Masyarakat di Indonesia cukup familiar dengan daun pandan. Kita bisa menjumpainya dalam berbagai jenis kuliner nikmat khas nusantara. Pandan memang telah lama digunakan sebagai bahan penambah aroma serta rasa makanan olahan. Biasanya padan yang dipakai dalam bidang kuliner adalah pandan wangi atau yang dalam bahasa ilmiahnya bernama Pandanus ammaryllifolius. Bagian yang biasanya digunakan adalah daunnya. Pandan ini memang memiliki wewangian yang unik. Wajar jika ia digemari banyak oran. Tapi tunggu dulu, apakah Anda berpikir bahwa pandan hanya sekedar panambah nikmat makanan? Jika iya, Anda salah! Sebab ternnyata ada beragam manfaat daun pandan ini. Mau tahu apa saja? Simak uraian berikut ini.

Pandan wangi merupakan bagian dari ordo Pandanus yang didominasi oleh tanaman yang banyak ditemukan di kawasan tropis. Tumbuhan yang masuk ke dalam kelompok pandanus ini secara umum memiliki ciri-ciri yang sama yakni daun yang memanjang layaknya palem atau juga rumput namun ukurannya lebih besar. Bagian tepi daun pandanus terkadang memiliki duri yang tajam. Akar pada pandanus memiliki ukuran yang besar dan tergolong ke dalam jenis akar tunjang. Beberapa jenis pandanus ini ada yang berbuah dengan ciri layaknya durian.

Ada beberapa jenis pandanus ini (selain andan wangi), antara lain sebagai berikut:
  1. Pandan Laut atau pandanus tectorius
  2. Pandan duri
  3. Pandanus conoideus atau dikenal juga dengan nama buah merah
  4. Pandanus Utilis atau pandan melintir.
  5. Pandan putih atau pandanus baphtisii
  6. Pandanus Pygmeus atau dikenal juga dengan nama pandan afrika.
Di antara banyak jenis pandanus ini, yang paling populer dijumpai dalam keseharian masyarakat kita adalah jenis pandan wangi. Selain bermanfaat sebagai penambah aroma serta rasa makanan, daun pandan wangi ini ternyata memiliki sejumlah manfaat lain utamanya yang terkait dengan kesehatan. Berikut manfaat daun pandan wangi yang boleh jadi belum Anda ketahui.

Mengatasai Lemah Syahwat

Salah satu manfaat daun pandan wangi yang belum diketahui orang adalah keampuhannya mengatasi keluhan lemah syahwat pada pria. Caranya cukup mudah, ambilah daun pandan sebanyak 3 lembar kemudian bersihkan. Setelah itu potong dalam ukuran kecil dan selanjutnya rebus dengan air sebanyak 3 gelas. Rebus hingga tersisa 2 gelas saja. Setelah itu angkat dan saring. Minum ramuan ini di pagi dan juga sore hari. Sebaiknya setelah Anda makan.

Melenyapkan Ketombe

Manfaat daun pandan wangi lainnya adalah untuk mengusir ketombe pengganggu di kepala. Caranya sederhana, ambil daun pandan dan kemudian timbuk hingga halus. Selanjutnya, peraslah ari pandan tersebut. Kemudian airnya dioleskan secara merata pada kulit kepala Anda atau pada bagian-bagian yang berketombe. Biarkan selama 30 menit dan bilas bersih. Lakukan langkah ini hingga ketombe Anda benar-benar hilang.

Membuat Rambut Lebih Hitam

Manfaat selanjutnya dari daun pandan adalah membantu Anda memperoleh rambut yang hitam dan sehat. Caranya, ambillah daun pandan kuranglebih 8 lembar dan kemudian potong dalam ukuran kecil. Selanjutnya rebus bersama 1 liter air dan tunggu sampai warna air berubah menjadi kehijauan. Angkat air tersebut dan embunkan semalaman. Saat pagi menjelang, basuhlah rambut Anda dengan air pandan tersebut. Lakukan minimal 3 kali dalam seminggu. Dan jauh lebih baik jika Anda mencampurnya dengan perasan buah mengkudu sebelum digunakan di kepala.

Merangsang Nafsu Makan


Manfaat daun pandan wangi lainnya adalah menambah nafsu makan. Caranya: Ambil dua lembar daun pandan dan selanjutnya rebus dengan air bersih sebanyak 2 gelas. Tunggu sampai air tersebut susut hingga 1 gelas saja. Angkat dan dinginkan. Minum ramuan tersebut dua kali dalam sehari, pagi dan sore. Jika tak suka, Anda bisa menambahkan madu agar lebih nikmat.

Mengusir Rematik

Manfaat daun pandan wangi lainnya adalah sebagai pengusir rematik. Caraya dengan menyeduh daun pandan sebanyak 3 lembar dengan ½ cangkir minyak dari kelapa. Setelah merata dan dingin, gunakan minyak tersebut pada bagian tubuh Anda yang terasa pegal dan juga terkena rematik. Gosok atau urut perlahan dan biarkan selama beberapa waktu.