Beberapa Buah Penurun Kolesterol Jahat (LDL)

Buah Penurun Kolesterol
Sebenarnya ada dua jenis kolesterol : kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Tingkat kolesterol jahat yang tinggi menyebabkan simpanan lemak menumpuk dalam aliran darah. Hal ini dapat mengakibatkan beragam penyakit yang mengancam jiwa seperti penyakit jantung dan stroke. Sebenarnya kolesterol tinggi dapat dicegah dengan makan makanan yang sehat, termasuk buah-buahan segar serta olahraga teratur. Berikut ini beberapa buah penurun kolesterol yang telah terbukti secara ilmiah :

Buah Apel
Berdasarkan hasil sebuah penelitian, makan apel setiap hari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Apel mengandung pektin, yang terbukti mampu membantu tubuh untuk menurunkan kolesterol. Pektin adalah serat larut, yang ditemukan pada kulit dan daging buah apel.


Jeruk Bali

Jeruk bali atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Grapefruit merupakan bagian dari keluarga jeruk dan dikenal mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi karena tingkat antioksidan yang tinggi. Mengonsumsi buah jeruk bali setiap hari, terutama yang berwarna merah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol dalam jumlah yang signifikan.

Beraram Jenis Berries

Penelitian telah menunjukkan bahwa berry dapat menurunkan kadar kolesterol jika dikonsumsi setiap hari. Hampir semua jenis berries (termasuk strawberry, blueberry, blackberry, dan goji berry) kaya akan antioksidan, yang membantu untuk mengurangi kolesterol LDL.

Buah Pepaya

Pepaya merupakan sumber Vitamin dan juga bebas kolesterol. Pepaya dikenal untuk mencegah oksidasi kolesterol.

Buah Jeruk
Jeruk kaya akan vitamin C dan merupakan sumber serat. Karena kandungan seratnya yang tinggi, jeruk mampu menurunkan kolesterol tinggi bila dimakan secara teratur.


Nah, kini Anda tidak perlu khawatir dengan tingkat kolesterol jahat yang tinggi karena ada buah penurun kolesterol. Namun, seperti kata pepatah bijak bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Karenanya mulai dari saat ini atur pola makan kita sehari-hari agar tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.