Manfaat Apel Fuji Bagi Kesehatan

manfaat apel fuji
Apel Fuji pertama kali dikembangkan di Jepang pada era tahun 1930-an dan menjadi semakin populer sejak saat itu. Saat ini, Negara penghasil Apel Fuji terbesar di dunia adalah China, dan berdasarkan data statistik, buah ini menjadi salah satu komoditas yang sangat popular di Amerika Serikat. Selain bentuknya yang indah dengan warna dominan merah, apel fuji memiliki rasa yang sangat lezat. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya menjadikan jenis apel ini menjadi salah satu makanan paling sehat bagi Anda.

Berikut ini beberapa manfaat apel fuji bagi kesehatan yang telah dibuktikan secara ilmiah :

1. Baik untuk Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Di dalam Apel fuji terdapat flavanoid dalam jumlah yang tinggi, serta mengandung zat Quercitin. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Finlandia, karena mengandung kedua zat tersebut, konsumsi apel fuji secara rutin diketahui mampu mengurangi resiko terjadinya serangan jantung sebesar 20%.


2.    Kaya Akan Vitamin C
Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang bertanggung jawab untuk membangun sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh akan menjadi lebih bugar dan tidak mudah terserang penyakit.

3.    Mengurangi Kolesterol Jahat dalam Tubuh
Sebuah apel fuji yang telah dikupas mengandung sekitar 3 gram serat, yang berarti lebih dari 10 persen dari kebutuhan harian seseorang. Tingginya kandungan serat ini dapat membantu tubuh untuk mengurangi kadar kolesterol.

4.    Kaya Akan Flavanoid
Salah satu manfaat apel fuji lainnya adalah kaya akan zat antioksidan kuat yang disebut flavanoid. Flafanoid bertindak sebagai antioksidan kuat yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas. Zat ini juga mampu melindungi sel terhadap TNF, suatu senyawa kanker yang memicu kematian sel.

5.    Baik Untuk Penderita Diabetes
Apel mendapatkan rasa manis dari gula alami yang dikenal sebagai fruktosa. Seiring dengan serat dalam apel fuji, fruktosa akan terserap oleh tubuh secara perlahan-lahan, sehingga membantu menjaga tingkat tingkat gula darah agar tetap rendah.

6.    Berguna Sebagai Sun Protector Alami
Kulit apel fuji mengandung fenol, yakni salah satu jenis antioksidan khusus. Fenol dikenal mampu membantu melindungi kulit dari sinar ultra violet yang dapat merusak sel kulit.

Nah, ternyata selain rasanya yang sangat lezat, ternyata banyak manfaat apel fuji bagi kesehatan yang dapat kita peroleh. Karenanya, tidak perlu ragu untuk mengkonsumsinya secara rutin dalam diet Anda. Selamat menikmati buah apel Anda!