Beragam Manfaat Bayam Merah

manfaat bayam merah
Jika Anda penggemar kartun, pasti Anda paham betul bagaimana Popeye memperoleh kekuatannya. Iya, dengan memakan sekaleng bayam, Popeye yang kecil seketika terlihat kuat dan sanggup melawan Brutus, tokoh antagonis dalam serial kartun tersebut. Meski jelas Popeye Si Pelaut adalah tokoh fiktif, tetapi kekuatan bayam yang diceritakan di dalam kisah tersebut jelas bukan fiktif! Sayuran ini memang bisa memberi Anda sejumlah manfaat jika dikonsumsi. Bayam teridiri dari beragam warna. Varian yang akan kami kupas tuntas kali ini adalah bayam dengan warna merah. Selain rasa yang nikmat dan warna yang memikat, ternyata manfaat bayam merah ini juga cukup beragam! Apa saja? Silahkan simak uraian berikut ini.

Blitum rubrum merupakan nama latin dari bayam merah. Ciri-ciri tanaman ini adalah batangnya yang bisa mencapai ketinggian 0,4 sampai 1 meter. Batang tersebut bercabang dan sedikit lemah juga berair. Adapun daunnya bertangkai dengan bentuk bulat telur, sedikit lemas, dengan ukuran panjang 5 sampai 8 cm. Ujung daun bayam merah ini cenderung tumpul. Bagian batang, tangkai dan daun bayam ini berwarna ungu cenderung merah. Jika ditelisik lebih jauh, bayam merah ini banyak mengandung lemak, protein, sejumlah vitamin, zat besi, amarantin, purin, rutin, kalium dan masih banyak lagi lainnya. Senya kompleks yang ada pada bayam inilah yang menjadikan ia berkhasiat.

Adapun manfaat bayam merah ini antara lain sebagai berikut:
  1. Sama seperti sayuran lainnya yang kaya akan serat alami, bayam juga sangat ampuh mengobati penyakit sembelit atau susah buang air besar Anda. Selain itu, dengan konsumsi bayam teratur, sistem pencernaan Anda jauh lebih sehat sebab salah satu manfaat serat adalah memudahkan organ pencernaan melakukan tugasnya.
  2. Manfaat bayam merah selanjutnya adalah membantu mengatasi anemia yang disebabkan oleh defisiensi zat besi. Memang bayam merah sudah lama dikenal kaya akan zat besi.
  3. Konsumsi bayam merah teratur kabarnya bisa menjaga keremajaan Anda. Ia, sama seperti terung ungu, dipercaya memiliki efek anti-aging yang tinggi dikarenakan pigmen ungunya.
  4. Manfaat bayam lainnya adalah untuk menghindarkan Anda dari penyakit berbahaya seperti usus besar, kencing manis, dan juga menjadikan program penurunan berat badan Anda berhasil.
  5. Bayam merah sangat baik dalam mengoptimalkan kinerja organ ginjal.
  6. Selain bagian daunnya, manfaat bayam merah juga terletak pada akarnya. Bagian tersebut sangat ampuh melawan penyakit disentri. Caranya cukup tumbuk bayam merah dan tambahkan garam halus, diaduk dan disaring. Minum sehari sekali sampai sembuh.
  7. Bagi Anda yang rambutnya mudah rontok, bayam merah juga dikenal mampu menguatkan akar rambut. Caranya cukup tumbuk daun bayam merah dan peras airnya. Minum rutin 2 sampai 3 kali dalam sehari. Kandungan protein dan zat besi pada bayam merah ini memang terbukti mambuat akar rambut lebih kokoh.