Ketahui Apa Saja Penyebab Sakit Kepala

penyebab sakit kepala
Sakit kepala merupakan salah satu keluhan yang paling umum menjangkiti seseorang, baik itu anak-anak maupun dewasa. Meski dalam kondisi tertentu, sakit kepala ini bisa ditahan tetapi tentu akan menghambat aktifitas keseharian Anda. Sebelum memutuskan ke dokter, tak ada salahnya Anda memastikan terlebih dahulu apa penyebab sakit kepala yang Anda alami. Sebab boleh jadi pemicunya hanya hal sepele yang bisa ditanggulangi tanpa harus melibatkan dokter dan obat-obatan kimiawi. Berikut kami sajikan beberapa penyebab umum sakit kepala yang sering memicu nyeri.


Hal Sepele Yang Bisa Memicu Sakit Kepala


Mungkin Anda tak tahu, tapi memang ada beberapa hal sepele yang bisa menjadi penyebab sakit kepala Anda, antara lain:

  1. Aroma yang terlampau kuat. Ada beberapa orang yang sangat sensitive terhadap bau yang terlalu kuat. Hal ini akan membuat ia merasa nyeri di bagian kepala sebagai signal ketidaksiapan ia menghirup aroma yang menyengat tersebut. Jika Anda merasakan hal yang demikian, sebisa mungkin hindari sumber aroma tadi.
  2. Penyebab sakit kepala lainnya adalah perlakuan yang berlebihan pada kepala Anda. Misalnya saja mengikat rambut terlalu kuat yang mengakibatkan rambut tertarik. Sebagai imbasnya, Anda akan diserang rasa nyeri yang kurang menyenangkan. Solusinya, gerai rambut Anda dong!
  3. Terlalu sering di depan monitor atau terlalu lama menonton TV. Kedua penyebab ini paling lazim dijumpai pada seseorang. Memang komputer, laptop dan TV adalah gadget yang tak bisa lepas dari keseharian seseorang. Jika Anda termasuk kelompong orang-orang yang menghabiskan waktu di depan laptop, jangan heran jika kepala Anda sering nyeri. Solusinya, sering-sering melakukan break misalnya sejam sebelum melanjutkan kembali aktifitas Anda.
  4. Membaca sambil tiduran memang menyenangkan. Tapi ini juga salah satu penyebab sakit kepala.
  5. Mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung MSG juga bisa memicu sakit di kepala!
  6. Jangan sepelekan kebiasaan makan telat atau juga malas minum. Keduanya bisa memicu sakit kepala.
Hal Serius Yang Bisa Menyebabkan Sakit Kepala

Ada banyak penyebab sakit kepala yang digolongkan ke dalam hal serius, antara lain:
  1. Stress yang berkepanjangan. Pemicu sakit kepala ini memang terkesan sepele. Tapi tahukah Anda, sakit kepala yang diakibatkan stress merupakan gerbang menuju penyakit lainnya. Oleh sebab itu, jika Anda sedang stress berusahalah melawannya dengan melakukan beberapa hal yang menyenangkan agar mood Anda kembali baik.
  2. Kebiasan tidur yang buruk juga bisa menjadi penyebab sakit kepala. Kurang tidur adalah cara terbaik untuk menyiksa diri Anda dan merampok kesehatan secara perlahan. Sakit kepala yang diakibatkan insomnia ini merupakan signal tubuh Anda kelelahan.
  3. Penyebab sakit kepala lainnya adalah fluktuasi hormon. Hal ini biasanya terjadi pada wanita di awal masa mesntruasinya.
  4. Merokok. Kebiasaan yang satu ini tak hanya akan membuat kepala Anda sakit tetapi jiga membuat organ di dalam tubuh Anda rusak. Jadi hentikan kebiasaan merokok!
Demikian beberapa penyebab sakit kepala yang paling umum dijumpai. Sakit kepala sebenarnya merupakan “signal” ada sesuatu yang kurang beres dengan diri Anda. Jadi, jika Anda mengalami gejala ini secara terus menerus, segeralah berkonsultasi dengan dokter kepercayaan Anda.