Manfaat Buah Pir Yang Belum Anda Ketahui

manfaat buah pir
Buah Pir merupakan salah jenis buah yang digemari segala usia, anak-anak, dewasa pun lansia. Buah ini dikenal sebagai salah satu buah impor yang pasokannya selalu stabil. Meski angka konsumsi pir masih kalah jika dibandingkan dengan apel, tapi bukan berarti kualitasnya jauh di bawah apel. Rendahnya konsumsi buah segar ini boleh jadi disebabkan ketidaktahuan masyarakat terkait sejumlah khasiat yang tersembunyi di setiap gigitan daging buahnya. Berikut kami sajikan manfaat buah pir yang wajib Anda ketahui.
  1. Buah pir kaya akan pektin dan juga serat alamiah. Kedua komponen ini kemudian menjadikan pir ampuh menyehatkan pencernaan Anda jika dikonsumsi secara teratur.
  2. Manfaat buah pir selanjutnya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah Anda. Mengapa? Sebab kandungan pektin di dalam pir cukup melimpah bahkan jauh lebih besar dari apel. Pektin ini ampuh menyerap lemak yang ada di usus sehingga tidak terhisap dan masuk ke dalam darah kita.
  3. Buah pir mengandung banyak air, karena itu ia sangat baik membantu Anda dari gejala dehidrasi.
  4. Konsumsi buah pir secara rutin akan membantu Anda meningkatkan sistem imun. Hal ini terkait erat dengan kandungan senyawa yang ada di dalam pir antara lain vitamin kompleks, kalsium, mineral, kalium, magnesium dan juga tembaga. Semuanya baik untuk menjaga kebugaran tubuh Anda.
  5. Manfaat buah pir lainnya adalah untuk mencegak kanker di dalam tubuh. Hal ini terkait dengan kandungan senyawa asam hydroxycinnamic yang ada di dalam pir. Senyawa tersebut sangat baik mencegah dan melawan kanker paru-paru dan juga perut.
  6. Salah satu kebaikan pir yang cukup mencengangkan adalah kemampuannya melawan penyakit Alzheimer. Hal ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan di Cornell University. Kabarnya, kulit buah pir banyak mengandung anti-oksidan bernama quercetin yang memang bagus untuk menjaga kesehatan otak.
  7. Manfaat buah pir selanjutnya adalah membantu merawat kesehatan tulang. Mengapa? Sebab buah por mengandung boron yang memang dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap menahan kalsium di dalam tulang.