Kenali Penyebab Katarak Pada Mata

Penyebab Katarak
Katarak merupakan kata yang merujuk pada kondisi tidak normal mata manusia. Adapun kelainan yang dimaksud terkait dengan lensa mata yang berkabut atau ditutupi selubung selaput sehingga membuat mata tidak berfungsi normal. Lensa mata yang terselubung tersebut akan susah mendapatkan pantulan cahaya sehingga jika dibiarkan, seseorang akan kehilangan kemampuannya untuk melihat. Katarak tidak terjadi dalam satu waktu yang ringkas. Ia selalu dimulai dari gejala awal seperti mata yang menguning secara perlahan dan jika dibiarkan akan terus berlanjut semakin parah. Semua orang bisa saja terkena katarak. Untuk membantu Anda meproteksi diri Anda, tak ada salahnya jika Anda memahami apa penyebab katarak itu sendiri.

Proses Degeneratif


Sebenarnya, penyebab katarak terkait erat dengan proses penuaan seseorang. Dengan demikian, bisa disimpulakn bahwa katarak adalah sebuah prose alamiah yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Jadi, kasus katarak secara umum biasanya dijumpai pada mereka yang telah berusia lanjut. Statistik mencatat bahwa penderita katarak sebanyak 90% berusia di atas 65 tahun. Meski demikian, dalam dunia medis, terkadang dijumpai juga katarak yang dialami oleh bayi yang baru lahir.

Terkait penyebab katarak ini, lebih lanjut para ahli membagi jenis-jenis katarak ke dalam 4 kelompok yakni:
  1. Katarak Congenital. Katarak ini dijumpai pada bayi dan telah terjadi sejak ia lahir. Angka kejadian katarak yang satu ini sangat jarang dijumpai.
  2. Katarak Traumatik. Penyebab katarak yang satu ini biasanya adalah adanya riwayat kecelakaan yang terjadi pada mata.
  3. Katarak Sekunder. Penyebab katarak ini adalah konsumsi obat-obatan tertentu semisal kortikosteroid dan prednisone. Katarak ini juga bisa disebabkan sang penderita terkena penyakit diabetes.
  4. Katarak Degeneratif. Katarak jenis ini disebabkan usia yang semakin menua. Jenis katarak inilah yang paling umum diketahui. Katarak ini dibagi lagi ke dalam 3 subjenis yakni katarak cortical, katarak nuclear sclerosis dan katarak posterior subcapsular.
Setelah mengetahui beberapa penyebab katarak, penting juga untuk memahami gejala awal jika seseorang terkena katarak, antara lain:
  1. Pada mulanya, mata akan sering terasa gatal dan sangat mudah mengeluarkan air mata.
  2. Saat malam hari, pandangan selalu terganggu.
  3. Mata menjadi sangat peka terhadap sinar baik itu lampu maupun matahari.
  4. Bagian lensa mata mulai menguning dan (biasanya dalam jangka 3 tahun) akan menjadi selubung yang menutupi bagian lensa dan menyebabkan kebutaan.