Sudah Tahu Manfaat Terong Ungu?

Manfaat Terong
Terung merupakan tanaman dengan buah yang juga dinamai sama (kadang disebut terong). Buahnya digolongkan ke dalam kelompok sayuran. Ia termasuk ke dalam kelompok Solanaceae. Tanaman yang tercakup dalam kerabat Solanaceae ini biasanya dianggap beracun, tetapi tidak sama halnya dengan terong. Ia aman dikonsumsi bahkan telah populer diolah sejak ratusan tahun yang lalu. Alih-alih beracun, manfaat terong justru dirasakan banyak orang terutama bagi kesehatan maupun kecantikan Anda. Salah satu jenis terong yang paling digemari adalah Solanum melongena. Oleh karena warnanya yang mencolok, ia sering juga disebut terong ungu. Sudah tahu apa saja manfaat si ungu ini? Jika belum, silahkan simak uraian berikut ini.


Manfaat Terong ungu ini berusmber pada kandungan senyawa yang ada di dalamnya, karena itu sebelum mengulas beragam khasiatnya, terlebih dahulu kita akan mengurai zat apa yang ada di dalam daging terong ungu. Menurut ahli gizi, terong mengandung protein, karbohidrat, asam nikotinat, fosfor, kalsium, serat kasar, kalori, zat besi, karoten, sejumlah vitamin dan masih banyak lagi lainnya. Semua senyawa tersebut kemudian menjadikan terong ini berdampak baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara teratur. Adapun manfaat terong ungu antara lain:
  1. Ampuh mengatasi hipertensi. Caranya ambil terong ungu sebanyak 250 gram. Masak bersama dengan tahu juga kacang kedelai. Konsumsi minimal 3 kali dalam seminggu dan rasakan khasiatnya.
  2. Membantu mengatasi hepatitis. Caranya, ambil terong ungu sebanyak 250 gram dan potong kecil. Tambahkan 30 gram rambut halus jagung dan juga akar rumput alang-alang sebanyak 100 gram. Rebuslah dengan air secukupnya dan kemudian minum air rebusan tadi secara teratur hingga kondisi Anda membaik.
  3. Terong bisa mencegah kanker. Caranya, ambil 250 gram terong ungu. Kemudian masak bersama jamur hioka dan jamur kuping masing-masing 10 gram. Tambahkan juga udang sebanyak 100 gram. Anda bisa menumis atau merebusnya. Konsumsi makanan ini secara rutin dan Anda akan terbebas dari ancaman kanker.
  4. Manfaat terong dalam melancarkan peredaran darah Anda. Caranya, ambil terong ungu sebanyak 250 gram. Tambahkan dengan jamur putih sebanyak 25 gram. Selanjutnya lengkapi dengan akar teratai dan masaklah sesuai selera Anda. Konsumsi secara rutin.
  5. Menurut penelitian seseorang bernama Dr GHA Mitschek, terong ungu terbukti mampu menghambat penyerapan lemak dengan demikian ia sangat baik untuk mencegah kolesterol pun untuk membantu diet Anda.
  6. Manfaat terong ungu lainnya adalah membuat Anda awet muda sebab ia sangat ampuh menangkal radikal bebas dengan demikian membran sel Anda tetap sehat.
  7. Terong ungu mengandung senyawa striknin dan skopolamin. Keduanya diketahui mampu menghambat perasaan cemas dan gugup berlebihan. Manfaat mengusir rasa panik tersebut sudah terbukti secara ilmiah dan didasarkan pada uji coba tikus laboratorium.
  8. Terong ungu mampu mengatasi kerusakan kulit yang disebabkan api.
  9. Manfaat terong ungu selanjutnya adalah membantu seseorang terlepas dari ketergantungan terhadap alkohol.
  10. Di Negara semacam Nigeria, terong ungu telah lama dikenal sebagai salah satu bahan kontrasepsi utamanya untuk pria.