Membedah Manfaat Si Buah Sawo

“Kulitnya serupa sawo matang”, mungkin kalimat sejenis ini sudah familiar di telinga Anda. Memang, buah sawo sudah lama digunakan untuk menggambarkan warna kulit seseorang. Karena itu, wajar jika dalam kehidupan sehari-hari, buah lokal yang satu ini terasa begitu dekat. Tapi pertanyannya, pernahkah Anda mencoba buah sawo? Kebanyakan dari kita mungkin akan menjawab tidak. Memang harus diakui, dibandingkan buah lainnya, sawo tergolong menduduki peringkat rendah dalam hal tingkat konsumsi. Padahal, rasa buah dengan warna kulit agak kekuningan ini cukup nikmat, tak kalah dari buah lain. Dan plusnya, manfaat buah sawo ini juga beragam! Apa saja?

Buah Dengan Pohon Berumur Panjang


Sawo berasal dari tumbuhan dengan pohon yang besar dan rindang. Ketinggian maksimalnya bisa mencapai 40 meter. Sawo manila ini memiliki batang pohon yang kasar dan berwarna abu-abu.Pohon buah sawo ini memiliki umur yang panjang. Kayu dari pohon sawo dikenal memiliki kualitas yang baik dan digolongkan ke dalam jenis kayu yang keras dan berat. Adapun getah dari pohon sawo juga banyak disadap dan kemudian dikentalkan menjadi chicle, semacam bahan alamiah untuk membuat permen karet. Bisa dikatakan, hampir semua bagian dari pohon sawo ini memiliki manfaat, termasuk buahnya.

Rasa buah sawo ini disukai sebab memang manisnya menggoda. Ia biasanya dikonsumsi sebagai buah meja. Namun, di beberapa wilayah, buah sawo umum diolah menjadi sari buah, sirup pun selei. Manfaat buah sawo ini cukup banyak, antara lain:
  1. Sebagai sumber energi alamiah yang mudah dicerna. Hal ini dikarenakan buah sawo banyak mengandung fruktosa juga sukrosa yang merupakan gula alami sumber energi.
  2. Sawo, sama seperti buah lainnya banyak mengandung serat alami. Konsumsi serat yang baik akan menyehatkan sistem pencernaan Anda sehingga penyakit semacam sembelit bisa hilang. Fungsi lain serat adalah untuk melindungi selaput lendir di usus besar sehingga kita bisa terhindar dari racun pemicu kanker.
  3. Manfaat buah sawo lainnya adalah untuk mengatasi gangguan gastristis dan usus. Hal ini dikarenakan senyawa yang ada di dalam buah ini bersifat anti-inflamasi.
  4. Buah sawo banyak mengandung senyawa penting seperti kalium, zat besi, tembaga dan lain-lain. Senyawa ini bisa membantu menambah daya tahan tubuh sehingga lebih terporteksi dari serangan penyakit.
  5. Manfaat buah sawo berikutnya adalah sebagai pelindung dari virus dan bakteri. Memang senyawa di dalam buah sawo bersifat anti-bakteri juga anti-virus.
  6. Konsumsi buah sawo secara teratur akan membantu merawat kesehatan jantung dan juga pembuluh darah. Hal ini terkait dengan kandungan mineralnya yang melimpah seperti natrium juga kalium.
  7. Buah sawo mengandung senyawa yang mampu membantu penyerapan zat besi yang lebih baik. Karena itu, mengkonsumsi buah sawo mampu memperbaiki produksi sel darah merah.
  8. Asam folat juga banyak terkandung di dalam buah sawo. Senyawa ini juga dibutuhkan tubuh dalam proses pembentukan sel darah merah.

Demikian manfaat buah sawo yang wajib untuk Anda ketahui. Kesimpulannya, buah ini sangat baik bagi tubuh kita jika dikonsumsi secara teratur. Jadi, selamat berburu buah sawo ya!