10 Manfaat Utama Buah Melon

Honeydew atau Melon merupakan buah yang cukup populer. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat hampir semua orang menyukainya. Anda pun sudah pasti pernah mencobanya, bukan? Banyak di antara kita yang mungkin menyangka Melon berkerabat dekat dengan Semangka. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Namun jika dirunut, buah bundar bernama latin Cucumis Melo L ini malah lebih dekat dengan Labu Sayur dan juga Mentimun. Meski demikian, harus diakui dibandingkan kedua kerabat dekatnya, rasa buah Melon jauh lebih istimewa: manis dan segar! Selain itu, manfaat buah Melon ini juga menjadi poin plus yang tak boleh diabaikan. Berikut kami sajikan 10 manfaat penting buah Melon.
  1. Buah Melon cukup istimewa sebab ia mengandung karatenoid yang melimpah. Tahukah Anda bahwa senyawa tersebut mampu mencegah sel kanker di dalam tubuh. Apabila Anda mengkonsumsi melon secara teratur, maka secara tidak langsung Anda sedang memproteksi diri Anda dari resiko kanker.
  2. Buah pencegah stroke. Manfaat buah melon yang satu ini sudah banyak diketahui orang-orang. Melon memang mengandung senyawa yang bersifat anti-koagulan bernama adenosine. Senyawa ini bekerja dengan cara menghentikan proses penggumpalan pada sel darah. Penggumpalan ini sendiri bisa memicu terjadinya serangan jantung atau stroke.
  3. Memelihara ginjal. Manfaat buah melon yang satu ini juga tak kalah pentingnya. Apabila Anda mengkonsumsi buah nikmat yang satu ini, maka Anda akan sering buang kecil. Tak perlu cemas, hal tersebut buka pertanda buruk melainkan efek diuretik dari Melon. Ini sama saja dengan menyegarkan ginjal dan membuang racun di dalam tubuh.
  4. Untuk mengobati penyakit eksim berat. Jika Anda mengalami hal ini, konsumsilah buah melon yang dicampur dengan perasan air lemon. Segera, Anda akan merasakan kesembuhan. Lakukan rutin.
  5. Mengatasi panas dalam. Manfaat ini terkait erat dengan kandungan air pada buah melon yang mencapai 95%. Selain itu, buah yang satu ini juga kaya akan vitamin A, B juga C. Dengan demikian, panas dalam pun tak berani mendekat jika Anda bersahabat dengan buah melon.
  6. Manfaat buah melon lainnya adalah menjaga kesehatan organ penglihatan Anda. Mengapa? Sebab ia banyak mengandung beta-karoten yang bermanfaat meningkatkan kualitas ketajaman mata.
  7. Buah Melon juga berkhasiat mencegah impotensi loh! Sebab ia mengandung senyawa arginie yang bermanfaat meningkatkan aliran pada darah. Ia juga bekerja sebagai stimulator yang melebarkan pembuluh darah. Dengan demikian organ seksual akan bekerja secara efektif.
  8. Sama seperti buah lainnya, Melon juga berkhasiat melancarkan pencernaan sebab ia banyak mengandung air dan juga serat alami. Dengan mengkonsumsi buah ini maka Anda akan terhindar dari penyakit susah buang air besar.
  9. Selain itu, senyawa yang ada di dalam buah melon bisa mempercantik kulit Anda dan membuat Anda terlihat awet muda. Senyawa kolagen yang ada di dalam Melon bisa mengurangi efek penuaan dan juga menyembuhkan luka lebih cepat hingga ke bekas-bekasnya.
  10. Manfaat buah melon yang terakhir adalah sebagai sahabat diet yang baik. Melon mengandung banyak serat sehingga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Jika Anda sedang menjalani masa diet, jangan lupa masukkan Melon dalam daftar konsumsi harian Anda ya.