Berjuta Manfaat Semangka Bagi Kesehatan

Manfaat Semangka Bagi Kesehatan
Selain rasanya yang manis dan segar, buah semangka ternyata tersembunyi berjuta manfaat buah semangka bagi kesehatan dan kecantikan tubuh kita. Tak perlu basa-basi lagi, berikut adalah beberapa contoh manfaat buah semangka bagi kesehatan.

1. Menurunkan kadar gula darah
Bagi penderita diabetes, buah semangka dapat menjadi menu diet yang nikmat namun tetap sehat. Semangka memiliki kadar gula yang rendah dan kadar air yang tinggi. Dengan begitu, kadar gula darah tidak mungkin melonjak lagi. Selain itu, kandungan arginine pada buah semangka juga mampu merangsang insulin, sehingga gula darah semakin dapat ternetralisir dengan baik.
2. Menurunkan kadar kolesterol
Buah semangka mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang dapat mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Misalnya, karotenoid yang dapat mencegah pengerasan dinding arteri oleh kolesterol. Ada lagi air, magnesium, dan kalium yang mampu menetralisir lemak sehingga dapat dibuang keluar tubuh dalam bentuk feses atau keringat. Sehingga, tidak banyak sisa lemak yang akan menumpuk di dalam tubuh kita sebagai kolesterol. Dengan minimnya kolesterol, tekanan darah pun otomatis akan semakin lancar. Secara tidak langsung, jantung kita juga akan bekerja dengan lebih ringan, sehingga lebih sehat.
3. Mencegah Penuaan Dini
Bagi Anda yang tinggal atau bekerja di tempat yang banyak terdapat radikal bebas, biasakan mengkonsumsi semangka secara rutin. Semangka mengandung beta karoten dan vitamin C yang dapat berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, semangka juga mengandung likopen, zat yang dapat membuat kulit wajah tampak lebih segar dan bercahaya.
4. Menjaga Kesehatan Mata
Pada dasarnya, kemampuan mata pada setiap orang akan menurun secara alami seiring bertambahnya usia. Namun, resiko tersebut bisa diminimalisir oleh zat Lutein dan Zeaxanthin yang terkandung dalam buah semangka. Kedua zat tersebut bekerja sebagai antioksidan bagi mata yang mampu menghindari pengeringan air mata, mencegah resiko glaukoma, dan sebagainya. 
5. Mengurangi mual pada ibu hamil 
Selain berbagai manfaat umum, ternyata ada juga satu manfaat buah semangka bagi kesehatan ibu hamil. Bagi ibu hamil yang sering mual, mengkonsumsi semangka dapat mengurangi mual tersebut. Hal ini karena semangka tidak memiliki aroma dan rasa yang mencolok, sehingga syaraf ibu hamil yang sensitive tidak akan terganggu. Selain itu, kandungan air yang tinggi dari semangka juga dapat meredakan mual dari dalam perut.

Setelah mengetahui berbagai manfaat buah semangka bagi kesehatan tersebut, tentunya Anda lebih bersemangat untuk menikmati buah yang satu ini. Jika Anda menginginkan informasi lengkap seputar buah semangka, tidak ada salahnya mengunjungi situs berikut ini : http://1001manfaatsemangka.blogspot.com/