Ikan Cupang: Si Mungil Yang Aktif

Betta Sp. atau yang lebih populer dikenal dengan nama cupang, adalah salah satu jenis ikan dengan ukuran mini. Ia hidup di air tawar di beberapa perairan di wilayah Negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand, Vietnam dan Indonesia tentunya. Ikan cupang termasuk ikan dengan karakteristik yang unik. Ia dikenal sangat agresif terutama dalam mempertahankan wilayah yang ia anggap miliknya. Oleh sebab itu, tidak heran jika kemudian ia juga tersohor sebagai ikan adu. Ikan ini secara umum terbagi ke dalam tiga jenis antara lain ikan cupang hias, ikan cupang aduan dan juga ikan cupang liar. Salah satu jenis ikan cupang asli diketemukan berhabitat di wilayah Kalimantan Timur tepatnya di distrik bernama Pampang. Ikan cupang asli tersebut dikenal dengan nama ilmiah Betta Channoides.

Klasifikasi Ilmiah Ikan Cupang


Dalam sistem taksonomi, ikan cupang memiliki binomial sebagai berikut:
  • Klasifikasi ilmiah
  • Kerajaan: Animalia
  • Filum: Chordata
  • Kelas: Actinopterygii
  • Ordo: Perciformes
  • Famili: Osphronemidae
  • Genus: Osphronemus, Bleeker, 1850
  • Spesies: Betta Sp.
Sementara itu, jenis ikan cupang yang populer dikenal antara lain:
  1. Betta pugnax (Forest Betta)
  2. Betta taeniata (Banned Betta)
  3. Betta macrostoma (Bruney Beauty)
  4. Betta unimaculata (Golden Slender)
  5. Betta picta (Painted Betta)
  6. Betta anabantoides (Pearly Betta)
  7. Betta edithae (Betta Brederi)
  8. Betta foerschi (Purple Saphire Betta)
Dalam kurun waktu yang tak lama, varian ikan cupang semakin beragam dan banyaj diperoleh jenis baru dengan karakteristik warna juga bentuk yang berbeda dan khas. Adapun pembagian jenis cupang lainnya yang dikelompokkan berdasarkan karakternya yang membangun sarang dengan menggunakan busa atau bubble neste antara lain:
  1. Betta akarensis (Sarawak Betta)
  2. Betta coccina (Clorat's Betta)
  3. Betta bellica (Standard's Betta)
  4. Betta tesyae (Peaceful Betta)
  5. Betta smaragdina (Emerald Betta)
  6. Betta imbelis (Slugger's Betta)
  7. Betta splendens (Siamese Fighting Fish)
Pembagian ikan cupang lainnya didasarkan pada keasliannya. Jenis ini bukan dihasilkan dari perkawinan silang. Adapun jenis yang dimaksud adalah:
  1. Betta albimarginata
  2. Betta channoides
  3. Betta balunga
  4. Betta breviobesus
  5. Betta enisae
Karakteristik Unik Ikan Cupang


Ikan cupang sangat populer dijadikan ikan hias dengan dua alasan. Yang pertama, tampilan ikan mungil yang satu ini sangat menarik. Bentuknya juga cukup unik. Alasan berikutnya adalah daya tahannya yang luar biasa. Ia bisa bertahan di akuarium dalam jangka waktu yang lama meski tidak dilengkapi dengan aerator atau sirkulator udara. Sebagai ikan hias, ikan cupang terbagi ke dalam beberapa jenis diantaranya cupang halfmoon dengan sirip juga ekornya yang lebar menyerupai bulan separuh, cupang crowntail (atau dikenal juga dengan nama ekor mahkota) dengan ekor pun sirip yang hampir mirip dengan sisir. Jenis lainnya adalah cuoang double tail atau ekor ganda , cupang plakat halfmoon, dan cupang giant dengan ukuran yang bisa menyentuh angka 12 cm. Ukuran ini termasuk raksasa dalam kelas ikan cupang.